Sabtu, 20 November 2010

Empat Hal

Ada empat hal yang akan membuat badan sakit: Terlalu banyak bicara, terlalu banyak tidur, terlalu banyak makan, dan terlalu banyak melakukan hubungan badan. Terlalu banyak bicara membuat kemampuan otak menurun, membuatnya lemah, dan mempercepat tumbuhnya uban. Terlalu banyak tidur akan membuat wajah menjadi pucat, hati menjadi buta, mata menjadi jelalatan, malas bekerja, cenderung berprilaku kasar, serta penyakit-penyakit lain yang sulit dicari obatnya. Terlalu banyak melakukan hubungan badan akan membuat badan menjadi lemah, membuat kekuatan menurun, menurunkan kebugaran tubuh, membuat otot mengendur, dan menimbulkan banyak dampak membahayakan ke seluruh tubuh. Dampaknya terhadap otak adalah daya ingat menurun karena otak dibuat terlalu letih, dan kemampuanya untuk menurunkan kemampuan tubuh lebih besar dibandingkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya.

Empat hal yang merusak tubuh: Cemas, sedih berkepanjangan, lapar dan kurang tidur malam.

Emapat hal yang memberikan kesenangan ke dalam hati: Melihat yang hijau-hijau, melihat air yang mengalir, melihat kekasih, dan melihat buah-buahan.

Kami lihat wajah-wajah itu sepintas membuat ruh berbinar karena keindahan yang kami lihat

Empat hal yang bisa membuat pandangan mata menjadi gelap: Berjalan tanpa alas, merenggut di pagi buta dan sore hari menjelang tidur, terlalu sering menangis, dan terlalu banyak membaca tulisan-tulisan yang sangat kecil.

Empat hal yang membuat badan menjadi kuat: Memakai pakaian yang lembut, mandi dengan air hangat, makan makanan yang manis dan berlemak, dan mencium wewangian.

Empat hal yang menghilangkan kesegaran dan keceriaan wajah: Berbohong, tak tahu malu, terlalu banyak bertanya yang tanpa dasar, dan banyak melakukan maksiat.

Empat hal yang membuat wajah semakin segar: Menjaga harga diri, menepati janji, dermawan, dan takwa.

Empat hal yang mendatangkan kemarahan dan kebencian: Takabur, dengki, bohong, dan suka mengadu.

Empat hal yang bisa mendatangkan rezeki: Bangun malam untuk shalat, banyak beristighfar menjelang fajar, membiasakan memberi, dan membiasakan diri berdzikir di sore hari.

Kutanyakan pada malam adakah rahasia dalam dadamu? wahai yang menyembunyikan rahasia dan kabar Dia menjawab, ya, takkan kubocorkan rahasia sepanjang hayaku kecuali kepada mereka yang datang menjelang fajar

Empat hal yang akan mencegah datangnya rezki: Tidur dipagi hari, jarang shalat, malas, dan suka berkhianat.

Empat hal yang akan membahayakan pemahaman dan kemampuan otak: Ketagihan makanan yang masam dan buah-buahan, tidur terlentang, resah, dan gundah.

Empat hal yang akan menambah daya pemahaman: Hati ang bersih, tidak menjejalkan makanan dan minuman ke dalam tubuh secara berlebihan, mengatur menu makanan yang baik dengan menambahkan makanan yang manis dan mengandung lemak, membuang semua endapan makanan yang memberatkan badan.


La Tahzan
DR. Aidh Al-Qarni 

2 komentar: